Debat
bisa menjadi satu model berharga yang dapat mendorong pemikiran dan perenungan
terutama kalau siswa diharapkan dapat mempertahankan pendapat yang bertentangan
dengan keyakinan mereka sendiri. Strategi
Pembelajaran yang dipergunakan adalah Active Debate (Debat aktif) ini merupakan
strategi yang secara aktif melibatkan siswa di dalam kelas bukan hanya pelaku
debatnya saja. Cara ini dapat digunakan guru dalam pembelajaran keterampilan
bercakap dan menyimak.
Langkah-langkah
- Siapkan sebuah pernyataan yang kontraversial
- Guru menginformasikan masalah yang kontroversial yang akan dibahas, kemudian siswa mengembangkan sebuah pernyataan yang controversial yang berkaitan dengan materi pelajaran.
Contoh
masalah:
Ø pemerintah
melalui aparatnya sudah seharusnya merazia tempat tertentu seperti warnet dan
tempat-tempat hiburan pada saat jam pelajaran sekolah
Ø sebaiknya
dibuat UU anti merokok di tempat umum
3. Membagi
kelas ke dalam dua tim. Satu kelompok yang “pro” dan kelompok lain yang
“kontra”. setiap kelompok dibagi lagi menjadi 3-4
kelompok. Memilih salah satu anggota sebagai ketua/juru bicara
4. Memilih
salah satu siswa sebagai moderator untuk memimpin debat
5. Mempersiapkan
kursi untuk para juru bicara pada kelompok yang pro dan kontra. Siswa yang lain
duduk di belakang juru bicara. Memulai debat dengan para juru bicara
mempresentasikan pandangan mereka. Proses ini disebut argument pembuka.
6. Setelah
mendengar argument pembuka, siswa menghentikan debat dan kembali ke kelompok
masing-masing untuk mempersiapkan argument mengkounter/melawan argument pembuka
dari kelompok lawan. Setiap kelompok memilih juru bicara yang baru (lain) untuk
bergantian.
7. Melanjutkan
kembali debat. Juru bicara yang saling berhadapan diminta untuk memberikan
counter argument. Ketika debat berlansung, peserta yang lain dapat memberikan catatan
yang berisi usulan argumen atau bantahan untuk mendukung argument kelompoknya.
8. Meminta
mereka untuk bersorak atau bertepuk tangan untuk masing-masing argumen dari
para wakil kelompok.
9. Pada
saat yang tepat, akhiri debat. Tidak perlu menentukan kelompok mana yang
menang. Memastikan bahwa kelas terintegrasi/menyatu dengan meminta mereka duduk
berdampingan dengan mereka yang berasal dari kelompok lawan mereka
10. Meminta
kepada siswa untuk mengidentifikasi argumen yang paling baik menurut mereka
11. Menyampaikan
point-point penting dari debat tersebut dan menghubungkan dengan materi
pelajaran.
ini bagus ne, ini yg aku cari..........
BalasHapusNais
BalasHapusBorgata Hotel Casino & Spa - Mapyro
BalasHapusThe Borgata Hotel Casino & 고양 출장샵 Spa 광주 출장샵 features 부산광역 출장안마 a total of 4,748 spacious rooms, ranging in size from 640 square feet to 속초 출장샵 6,500 square feet and 태백 출장안마 includes